#SelasaKreatif #1

Malam ini saya ditunjuk untuk mengisi #SelasaKreatif.

Jujur saya grogi karena ini pertama kalinya sharing tentang materi menulis..kebetulan saya juga sedang mempelajarinya jadi kita belajar bareng-bareng aja ya *asli ini saya grogi*

Aku pingin tahu dulu disini yang ada keinginan untuk jadi penulis siapa ya? Menurut kalian yang lagi nulis nih. Nulis itu susah gak? Trus yang sedang kalian tulis itu apa?

Sebenernya nih menulis itu gampang.. Mudah. Itu juga kata Arswendo Atmowiloto

Aku coba uraikan satu-satu ya nanti kenapa sebagian orang merasa menulis itu susah.

Dalam dunia kepenulisan dibagi menjadi dua macam: nulis non fiksi dan fiksi. Berhubung saya anak fiksi jadi pembahasan kali ini tentang menukis fiksi

Kalo menurut kak rara, menulis itu gampang apa susah?

Gampang2 susah karena masih sering terjangkit writers block. Tapi sejauh ini sih terus berusaha.

Jika ada dari kalian yang ingin menjadi penulis itu adalah salah satu pilihan yang luar biasa. Why?? Karena penulis itu membutuhkan kecerdasan dan kreatifitas yang lebih, dan mampu mempengaruhi opini dan bahkan prinsip hidup pembacanya. Nah karena luar biasa itu tentu nggak banyak orang yang bisa bener2 jadi penulis

Mnurut ilmu yang pernah saya dapat, setidaknya ada 3 kelebihan mnjadi penulis:

  1. Mampu brpikir tidak biasa. Harus mengetahui lebih banyak pengetahuan diluar bidang yang pernah kita pelajari supaya tema dan ide yang kita tulis gak monoton itu-itu aja.
  2. Mampu berpikir logis dan sistematis. Nggak mau kan bikin pusing pembaca dengan tulisan kita yang kacau.
  3. Mampu menciptakan interpretasi. Sebagian pembaca ada yang hidupnya berubah setelah dia membaca sebuah novel karena sudah trpengaruh dengan ide yang melahirkan tafsir baru.

Tapi ada yg bilang writer’s block itu mitos kak?

Hampir sama kayak kita terjangkit penyakit tapi karena hal mistis. Pak Edi Divapress selaku orang yang sudah memberi saya banyak ilmu tu juga tidak mau percaya dengan yang namanya writers block. Bagi beliau writers block=rasa malas.

Buat kalian yang nggak pede buat memulai nulis, dari sekarang tancepin mindset bahwa kalian pasti bisa nulis (fiksi). Kenapa yakin gitu?? Nah gini setiap perjalanan kehidupan kita adalah cerita. Sama seperti apa yang mau kita tulis itu juga adalah sebuah cerita. Setiap hari, setiap saat bahkan setiap detik pasti cerita itu ada.

Misal nih kita ketemu temen, adek,kakak,keluarga lain bahkan tetangga, kita pasti selalu ngobrol kan sama mereka tentang segala sesuatu yang tanpa kita sadari sebagian besarnya adalah sebuah cerita. Iya nggak? Nah sudah jelas dari situ bisa dikatakan bahwa setiap dari kita adalah pencerita. Hanya saja, kali ini kita menghadapi sebuah tantangan…yang biasanya kita bercerita lewat lisan, sekarang kita harus belajar menuangkannya lewat tulisan.

[Materi oleh: Kak Rara]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *