#JumatBarokah 15 Januari 2016

Penerbitan Indie

Membahas mengenai penerbitan Indie di kota Yogyakarat yaitu Indie Book Corner (IBC). Dalam kesempatan kali ini teman-teman KBY melakukan kunjungan dan sekaligus menjadi sesi online KBY dalam #Jumatabrokah.

Sejarah IBC sendiri berdiri mulai 2009, dimana sang pemiliknya Irwan Bajang mengelola penerbitan indie atas dasar ingin membantu penulis pemula untuk mempermudah penerbitan. Karena sebelumnya Irwan Bajang bekerja pada penerbitan mayor, beliau melihat kesulitan penulis pemula apabila akan menerbitkan bukunya, penerbitan mayor akan menyeleksi secara ketat naskah mana yang layak, siapa penulisnya dan sebagainya.

Ada sekitar 200-300an buku yang sudah diterbitakan oleh IBC baik fiksi maupun non fiksi ada juga buku terjemahan.  Di IBC sendiri penulis dapat berkomunikasi langsung dengan editor IBC naskah kita enaknya mau diapain? Seberapa banyak mau nyetak? Covernya bagaimana?  Karena system indie kita (penulis) membayar untuk menerbitkan bukunya, pembagian royalty, pemasaran buku tersebut

Untuk jasa penerbitan buku IBC desaig cover bisa diharga Rp 500.000, layout perhalaman Rp. 2500, untuk naskah terjemaah bisa dihitung perkata atau perhalaman dengan memakai cacatan harganya bisa dari Rp. 5000 sampai dengan Rp 150.000. Untuk seberapa banyak buku yang mau kita terbitin, IBC tidak mempermasalahkan mau nerbitin 1 eksemplar atau sebanyak mungkin yang kita mau alias tergantung pemintaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *