#JumatBarokah 22 Januari 2016

MEA

MEA merupakan hasil kesepakatan negara yang tergabung  dalam ASEAN untuk mensejahteraakan sesama anggota asean.  Alasan dibentuknya MEA dimana eknomomi eropa melambat dan pemulihan eknomi USA. Untuk bisa bertahan dalam perekonomian dunia. ASEAN menyepakati adanya sistem pereknomian baru.

Kronologi ASEAN :

  1. Menuju ASEAN vision 2020 dimana mewujudkan kestabilan, kemakmuran, berdaya tinggi untuk bersaing dengan pembangunan yang merata, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi menurun.

2.Bali Concord 2003 atau KKT ASEAN Bali 2003 mewujudkan misi ASEAN economic, security-community, dan sosio-culture

  1. road-map Asean Community 2009-2015 memuat politik-keamanan ekonomi dan sosial.

Pada tahun 2015 Asean menajdi pasar terbuka yang bebasis produksi dimana aliran barang, jasa dan investasi akan bergerak bebas sesuai dengan kesepakatan ASEAN. Asean mualai kerjasama perdagangan dengan negara china, Korea, Jepang India, Australia dan New Zeland.  Ada 12 sektor prioritas yaitu agrobinis, air travel, otomtif, E-Asean, elektronik, perikanan, kesehatan, produk berbahan karet, textile dan apparel, produk berbahan kayu ,logistic dan service.

Semua barang yang tegabung dalam MEA akan dapat keluar dan masuk di negera tersebut. Salah satunya adalah pemberian bebas visa (kunjungan) untuk wisata, bekerja ataupun sekolah. Hal ini bertujuan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan untuk belibur. Namun, banyak pengamtan ekonomi Indonesia terutama mengatakan bahwa MEA belum siap diterapkan di Indonesia karena kurang kita dalam persaingan pedagangan. Sedangkan Presiden cukup yakin adanya MEA karena bisa mendorong investasi dan meciptaan ide kreatif masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *