#Selasa Kreatif 26 Januari 2016

Selamat malam teman-teman KBY dimanapun berada.

Apa kabar?

Sudah siap untuk #SelasaKreatif malam ini?

Setelah minggu lalu ada beberapa tips untuk menjaga buku agar tetap awet, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara menyusun atau menata buku.

Bagi seorang penyuka apalagi pencinta buku, mempunyai banyak buku bacaan dirumah merupakan sebuah keharusan dan ‘heaven on earth’ yang tak ternilai harganya.

Orang-orang semacam ini juga tidak sungkan menghabiskan banyak uang untuk menambah jumlah koleksi yang dimilikinya.

Koleksi buku yang semakin lama semakin bertambah banyak terkadang juga merepotkan, terutama dalam penataan.

Salah penataan bisa jadi buku favorite atau yang sedang diperlukan akan sulit ditemukan karena berada tidak sesuai tempatnya.

Penataan rak buku yang rapi dan menarik merupakan kunci utama agar koleksi buku semakin ‘enak dilihat’.

Berikut ada beberapa cara menata buku yang mungkin bisa teman-teman terapkan:

  1. Menata berdasarkan genre/tema

Buku-buku yang ada bisa dikelopokkan sesuai dengan genrenya. Salah satu yang paling gampang adalah dengan memisahkan antara buku yang ‘berat’ atau serius (buku pelajaran, buku text, kamus, ensiklopedia, pengetahuan umum dll) dengan buku-buku yang lebih ringan (novel, komik, dll). Bisa juga berdasarkan fiksi dan non fiksi. Bisa juga dipisahkan berdasarkan bidang ilmu (politik, agama, sejarah, sastra dll). Susun buku yang setema dalam rak yang sama. Untuk semakin mempermudah, bisa memberikan label nama sebagai penanda.

 

  1. Menata sesuai ukurannya

Agar susuan buku didalam rak lebih enak dilihat, bisa di susun dengan cara mengelompokkan sesuai dengan ukurannya, missal yang besar dengan yang besar atau yang kecil dengan yang kecil. Buku-buku ini kemudian sebaiknya diposisikan berdiri agar tidak memakan banyak tempat.

 

  1. Menata berdasarkan warna

Mengelompokkan buku berdasarkan warna cover ini jarang digunakan oleh orang-orang kebanyakan. Padahal gradasi warna yang diperoleh dari penataan semacam ini akan terlihat bagus. Dan salah satu kelemahan pengelompokan buku berdasarkan warna adalah sulit ditemukan ketika dibutuhkan.

 

  1. Menyusun berdasarkan alphabet.

Penataan dan penyusunan berdasarkan alphabet ini sangat mempermudah ketika mencari sebuah buku yang ingin dibaca. Cara penyusunannya pun mudah, tinggal di jajarkan buku-buku koleksi berdasarkan judulnya. Sangat-sangat efektif ketika ingin mencari sebuah buku bukan? Tinggal menyusuri judul-judulnya dan menemukan buku tersebut dengan lebih cepat.

 

  1. Menyusun berdasarkan penulis.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, buku-buku dari penulis yang sama bisa dikelompokkan dalam satu rak. Tapi tentunya tidak semua koleksi buku bisa disusun seperti ini.

 

Demikian beberapa tips untuk sesi #SelasaKreatif malam hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mungkin ada diatara teman-teman KBY yang ingin menambahkan beberapa tips atau sharing bagaimana cara penataan buku-buku koleksinya?

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *