#JumatBarokah 29 Januari 2016

Pondok Pesantren

Pondok Pesantren sebagian banyak masyarakat sudah mengetahui apa itu pondok pesantren. Diantara member KBY ada yang (mantan) penghuni pesantren dan ada juga yang menjadi bagian dari pesantren. Salah satu member KBY akan menjelaskan bagaimana kehidupan di pesantren.  Kebetulan juga member KBY ini adalah “ning” salah satu pondok pesantren yang di KotaGede. “Ning” disini adalah sebutan khusus untuk  perempuan yang punya pondok, adapun “Gus” sebutan untuk laki-laki.

Pondok biasanya ada yang Tradisional dan Modern, yang Tradisional ini salah satu pembelajaran kitab kuning, dimana para santri-sebutan anak yang mengikuti pembelajaran di pondok pesantren duduk melingkar atau berderet menghadap langsung ke Ustd/Ustdzah (Guru) dengan kitab (buku) dimasing-masing santri. Sedangkan Modern targantung masing-masing pondoknya, ada yang tidak mengajarkan kitab kuning. Seperti di Pondoknya member KBY yang satu ini, pondok pesantren ini termasuk modern karena Pak Kyai-nya (pemilik pondok) lebih mengajarkan issue tolerensi, belajar agama dengan mendatangkan Kyai pondok lain atau pemuka agama lain, atau seperti mendatangkan Cak Nun dan Mba Alissa Wahid (Putri Alm. Gus Dur- Dir. Gusdurian)

Kegiatan pondok juga bermacam-macam tergantung aturan yang diterapkan, misal setiap Subuh melakukan kegiatan Ibadah (Sholat) bersama dilanjut dengan kajian subuh- mengkaji kitab Taklim. Adapun kegiatan menjelang petang dari waktu Magrib ibadah sholat dan mengaji, ketika waktu Isya-pun sama hanya saja ditambah Muhasabah yaitu memperbaiki diri agar lebih baik sedangkan Muhajadah menyebut kebesaran Sang Pecipta Alam dengan membaca tahlil, tahmid, tasbih dan lain-lain.

Kalau berbicara pondok pesantren pasti tahu dengan barokah pak Kyai- para santri sering kali berebutan untuk mendapat barokah itu, mulai dari berebut minuman/makanan sisa dari Pak Kyai-nya, berebut menata sandal/sepatunya Pak Kyai dan rebutan salaman/nyium tangan Pak Kyai-nya dimana para santri beranggapan melakukan hal tersebut agar mendapat ilmu atau doa atau hal-hal yang baik dari Pak Kyai-nya. Jadi jangan lupa nyium tangan, biar dapat berkah dapat jodoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *