Program KBY 2017

Apa kabar, Mblo? Masih menjomblo atau sedang merancang rencana balikan sama mantan (tapi gagal)? Kami cuma tanya, kok, nggak usaha dijawab serius sampai air mata menetes gitu…

Tahun 2017 sudah berjalan sebulan, Januari sudah habis, kami rasa sudah waktunya buat mengumumkan program baru KBY untuk setahun ke depan. Ini dia~

Program Online

#SeninMovie: Suka nonton film? Kepingin mengulas dan gosipin film yang habis ditonton? Di sini lapaknya. Tiap Senin di akhir bulan kita bakal ngobrolin film-film yang berkesan (entah kesan buruk atau kesan menyenangkan). Mau bahas film dari ‘buku yang difilmkan’? Boleh. Mau bahas film dari ‘film yang dibukukan’? Monggo. Mau bahas film dengan dikaitkan ke buku tertentu? Ndak dilarang. Satu anggota grup WhatsApp KBY yang ditunjuk dipersilakan bercerita dengan gaya bagaimana saja.

#SelaSastra: Konsep #SelaSastra adalah gosip berfaedah seputar hal-hal yang lagi hangat di dunia sastra. Tema dipilih oleh PIC #SelaSastra. Kalau PIC lagi iseng kepingin undang tamu dari luar grup atau tunjuk anggota untuk mengisi, bisa saja diwujudkan. Digelar setiap Selasa ketiga, sekali dalam sebulan. Anggota grup WhatsApp KBY diharapkan aktif mengikuti gosip; dari melemparkan komentar receh sampai mengkritik pakai teori tertentu, sumonggo. Ini sebagai latihan anggota KBY untuk mengungkapkan pendapat, uneg-uneg, pikiran, suara. Lha, kalau mengungkapkan pendapat saja sulit, gimana kamu mau mengungkapkan perasaan ke gebetan, Mblo?

#RaBuku: Digelar setiap Rabu pertama, sekali dalam sebulan. Seperti sebelum-sebelumnya, salah satu anggota grup WhatsApp KBY akan ditunjuk oleh PIC #RaBuku, diminta mengulas satu buku yang sudah dibaca. Setelahnya, anggota lain diperbolehkan bertanya atau menanggapi. Ini bisa jadi salah satu cara buat kamu tahu buku-buku yang mungkin belum kamu baca. Kalau sudah tahu ya Alhamdulillah, berarti nggak perlu kode, jadi langkah selanjutnya lebih mudah… *ini apa*

#KamisLebihDekat: Suka mbribik? Ini momen yang tepat buat mbribik. Kurang baik apa KBY sama kamu, Mblo? #KamisLebihDekat digelar setiap Kamis kedua, satu kali dalam sebulan. Salah satu anggota grup WhatsApp dipilih oleh PIC, diminta mengisi form untuk kemudian ditanya-tanya oleh anggota lain. Pertama-tama, PIC akan memperkenalkanmu sesuai form yang sudah kamu isi. Setelah itu wawancara singkat oleh PIC, baru kemudian jomblo-jomblo haus tatih-tayang di grup WhatsApp KBY boleh bertanya. Pertanyaannya bebas, asal sopan dan diharap nggak memicu konflik.

#JumatBarokah: Kalau di #SelaSastra temanya terbatas di seputar sastra, maka di #JumatBarokah temanya lebih luas. Mau membahas politik? Filsafat? Sejarah? Fisika? Metafisika? Kedokteran? Biologi? Psikologi? Neurosains? Dari bidang apa saja, oke. PIC akan menunjuk satu orang anggota untuk pancingan tema, alias kasih sedikit materi sebelum gosip berlanjut berjamaah. Anggota yang ditunjuk PIC bebas memilih tema apa saja. #JumatBarokah digelar setiap Jumat ketiga, sekali dalam sebulan.

#SabtuKenangan: Sepandai-pandainya pembaca kabur dari realita, pasti akan tersandung kenangan jua. Pepatah sahih. Sebagai komunitas baik hati dan peka, maka kami bikin program ini buat kamu, Mblo. Digelar setiap Sabtu pertama, sekali dalam sebulan. PIC akan melemparkan tema-tema berbau nostalgia dan anggota-anggota grup WhatsApp KBY diminta buat cerita soal tema tersebut yang berkaitan sama diri sendiri. Misal PIC melempar tema bekal makan siang, kamu bisa cerita bagaimana dulu menikmati bekal makan siang berdua gebetan di belakang gedung kantor atau di dalam kelas. Kalau mau sambil nangis boleh kok, Mblo. Nanti suara isak tangisnya kirim via voice note, yhaa~

#MingguSeru: Hari Minggu gabut? Tenang, di setiap Minggu kedua KBY akan menyediakan lapak untuk hore-horean. Siapa pun anggota grup WhatsApp KBY boleh melempar teka-teki, tebak-tebakan, kuis berhadiah, kuis nggak berhadiah, apa pun. Seharian itu kita bakal seru-seruan, Mblo~

Masih merasa program-program di atas kurang ntaps sebab kebanyakan cuma di grup WhatsApp? Baiklah kalau itu maumu, Mblo. Kami akan muncul ke hadapanmu!

Program Offline

#BBK: Apa itu #BBK? #BBK alias Bengong Bareng KBY adalah tradisi mulia yang diturunkan dari sesepuh pendiri KBY. Kita kumpul, srawung, ngopi, nyamik, sebulan sekali. Kita akan bahas buku secara offline. Akan diundi lima orang dari anggota grup WhatsApp KBY sebagai pembahas buku. Anggota yang dapat undian menyerahkan judul buku untuk dibahas, kemudian kita mengumpulkan suara untuk memilih satu judul. Satu (dari lima judul buku yang diajukan) yang mendapat suara terbanyak akan dibahas di bulan selanjutnya. Siapa yang bahas? Yang mengajukan judul. Bagaimana pembahasannya? Bebas, Mblo. Boleh dimulai dari ringkasan isi cerita, atau mau pakai pisau bedah tertentu, semua sah. Setelah pembahas selesai membahas, semua anggota yang datang boleh menanggapi, bertanya, atau menggenapi. Ciee, kamu akhirnya digenapi…

#GoesToPublisher: Setiap dua bulan sekali kita bakal berpiknik ke salah satu penerbit di Jogja, Mblo. Apa manfaatnya? Sebagai pembaca kamu bisa dapat sedikit gambaran bagaimana buku-buku yang dibaca itu bisa sampai ke tanganmu. Bagi yang merangkap penulis, ini saat tepat buat kamu mbribik—ya sesekali mbribik yang lain selain buat nyari pasangan.

#KBYStreetLibrary: Program baru dari KBY ini dibikin untuk menyebarkan kecintaan membaca, sekaligus membuktikan kalau Indonesia bukan kekurangan minat baca, cuma dompetnya masih seret saja buat beli buku. Iya, sudah dibilang kami tuh baik dan peka. Tempatnya bergerak dari titik satu ke titik lainnya, dan akan diberitahukan beberapa hari sebelum perpustakaan digelar. Koleksinya? Dari anggota KBY, dong. Sayangnya koleksi-koleksi ini belum bisa dibawa pulang. Kamu mesti baca di tempat, Mblo. Perpustakaan keliling ini rencana dibuka Maret nanti dan akan berlangsung tiga bulan sekali. Are you ready, Kids? I can’t hear yooouuu~ *you sing you lose*

#BerpiknikBersamaKBY: Singkatannya juga BBK, tapi jangan sampai tertukar sama Bengong Bareng KBY ya, Mblo. Sekali lagi, sebagai komunitas yang baik dan peka, kami paham banget selain baca buku kamu juga butuh jalan-jalan keluar; buat baca buku. Enggak, bercanda. Keluar buat main maksudnya. Program ini akan dimulai pada bulan April, empat bulan sekali. Kita lepas stres dengan main ke tempat-tempat yang—punya usulan? Luar kota, dalam kota, luar planet, ayo kita mangkat! Nah, tunggu apa lagi? Lekas angkat jangkar dan kembangkan layar~

#KBYBerbagi: Biar tampak sedikit berfaedah, kami mesti memberikan sesuatu pada sekitar. Dilaksanakan bersamaan dengan #BerpiknikBarengKBY, kegiatan ini (#KBYBerbagi) bisa dilakukan dengan beragam barang sumbangan, suka-suka penanggung jawab program ingin ‘memalak’ apa dari anggota KBY untuk diberikan ke luar KBY. Barang dikumpulkan saat piknik, dan penyerahan barang ke target dilakukan sesuai jadwal yang dicanangkan (dan bukan nggak mungkin jadwal berubah karena satu-dua hal). Barang apa yang disumbangkan? Buku, bisa jadi; baju, mungkin saja; mainan, bukan mustahil; yang pasti kita nggak berbagi kekasih. Lha piye, kekasih we ra nduwe, Mblo~

Masih kurang seru juga? Pantas kamu jomblo menahun, kamu banyak maunya. Siapa sih yang kuat diginiin, Mblo?

Tapi kalau menurutmu ini kesempatan buat mengentaskan kejombloan yang melekat selengket lem aibon, segera gabung sama kami~ Daftar via WhatsApp ke nomor 0857 – 2930 – 3056 atau 0815 – 7806 – 3717

Kami tunggu kehadiranmu, Mblo~

Reading can be fun! #BukanProdukLapakSebelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *